Mengapa Segala Sesuatu harus dimulai dengan Bismillah?

oleh: Key-A
Kelas sore adalah jam yang paling melelahkan selama proses belajar.
Jam krisis, dimana otak telah lelah menerima informasi, dan lebih membutuhkan banyak udara segar, sebagai pasokan oksigen agar tidak mudah mengantuk.

Namun, berbeda dengan sore kali ini. Pelajaran, yang diperkirakan membosankan, dengan cepat berubah genre menjadi pelajaran yang menegangkan. Namun, siapa sangka tak setegang yang kami kira. Pengajar kali ini hanya memiliki genre yang berbeda dengan pengajar yang lainnya. Membuat kami berpikir keras membuka memori-memori pelajaran lama, kembali membuka lembaran bahasa arab. Setelah sekian lama, memori itu tertutup nyaris hampa dan tak tersentuh karena kami jarang menggunakannya secara komprehensif.

Dengan memulai menerangkan kontrak kuliah dengan cara yang berbeda beliau menyampaikan satu hal yang tak akan kami lupakan.
Dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaa jitu, membuat kami segenap mahasiswi Hubungan Internasional terdiam dengan argumen bumerang yang beliau berikan.
Hingga tiba pada pertanyaan simple namun akan sulit di jawab jika kita tak memahaminya dengan baik.
Salah satunya dengan menanyakan kepada kami, mengapa segala sesuatu hal yang ingin kita kerjakan harus dimulai dengan membaca Bismillah? tidak dengan Surah Yassin, dan sebagainya.
Beberapa menjawab untuk mencari keridhoan Allah, sebagaian lagi menjawab untuk melakukan ibadah.
Namun, beliau memberikan satu pengetahuan baru kepada kami. Simple saja, namun membuat kami tersadar. Dalam Hadist Rasulullah SAW bersabda: 
كل امر ذى بال لا يبداء ببسم لله فهو اقطع
yang jika kita maknai maka akan memiliki makna seperti ini.
"setiap amal/ pekerjaan jika tidak dimulai dengan membaca basmallah maka akan terputus"
Terputus dalam makna, terputus dari barakah dalam setiap amalan dan pekerjaan yang akan kita lakukan.
Maka, hendaklah kita menyadarinya kembali, hal kecil yang mungkin sering kita lupakan yaitu memulai setiap pekerjaan kita dengan membaca Bismillah, jika kita ingin mendapat barakah dalam setiap harakah yang kita lakukan.


Comments

Popular posts from this blog

Lembaran makna dalam Kimi No Nawa

Interwined

Bias Ombak